Spesifikasi Rudal Almas 1 yang Dipakai Hizbullah Gempur Israel

Selamat datang Klik Saja di Website Kami!

JAKARTA – Sayap militer Lebanon Hizbullah diduga menggunakan rudal Almaz milik Iran untuk menyerang Israel. Rudal tersebut terbukti efektif dan menimbulkan kerusakan parah Spesifikasi Rudal Almas 1 yang Dipakai Hizbullah Gempur Israel

Pada tanggal 26 dan 29 Januari 2024, video serangan Hizbullah menggunakan rudal Almas 1 dirilis. Tampak Memukau, Teleskop James Webb Perlihatkan Gambar 19 Galaksi Spiral

Dari segi spesifikasi, rudal anti-tank Almas dilengkapi dengan sistem panduan pencitraan termal, yang menunjukkan kemajuan kemampuan militer Hizbullah. Video pertama yang dirilis pada 26 Januari 2024 menunjukkan sebuah rudal menghantam sasaran di bawah kubah yang melindungi peralatan radar atau radio di lokasi militer Israel di Jal el-Alam dekat perbatasan Lebanon – Israel. 2.5. Teroris Lebanon mengklaim telah menyerang peralatan Israel dari jarak lebih dari 100 km.

Pada Rabu (31/1/2024), Angkatan Darat mengakui Hizbullah telah memperoleh beberapa rudal ATGM Almas Iran, yang diyakini merupakan replika rudal ATGM Spike Israel.

Pada tanggal 29 Januari 2024, video lain memberikan bukti lebih lanjut tentang kemungkinan kepemilikan beberapa rudal ATGM Almas-1 Iran oleh Hizbullah. Rekaman tersebut menunjukkan Hizbullah melancarkan serangan lain di dekat Ras Naqra, di mana mereka menggunakan rudal Almas-1 untuk menargetkan radar Israel.

Detail Rudal Almas

Sistem rudal Almas tersedia dalam dua versi. Versi pertama dirancang untuk digunakan di udara, terintegrasi dengan helikopter dan kendaraan udara tak berawak, yang dikenal sebagai Almas-3. Versi kedua, berbasis darat dengan peluncur portabel dikenal sebagai Almas-1. Rudal ATGM Almas-1 berbasis darat diluncurkan ke publik oleh Iran pada Juli 2021.

Rudal Almas disebut-sebut merupakan rudal ATGM generasi ketiga. Rudal ATGM generasi ketiga mengandalkan laser, pencari gambar elektro-optik (IIR) atau pencari radar gelombang W di bagian depan rudal. Spesifikasi Rudal Almas 1 yang Dipakai Hizbullah Gempur Israel

Setelah target teridentifikasi, rudal tidak memerlukan panduan penerbangan lebih lanjut. Namun, rudal tersebut rentan terhadap mekanisme counter elektronik dibandingkan dengan ATGM command-to-line-of-sight (MCLOS) dan ATGM semi-otomatis command-to-line-of-sight (SACLOS).

Sebagian besar rudal ATGM generasi ketiga memiliki hulu ledak berbentuk antitank berdaya ledak tinggi (HEAT), yang dirancang khusus untuk menembus lapis baja tank.